Pages

Wednesday, July 1, 2015

Review: Linda Lael Miller - The Man from Stone Creek [Stone Creek #1]

The Man from Stone Creek
Linda Lael Miller

Seri: Stone Creek #1
Penerbit: Elex Media Komputindo
Penerjemah: Yahdiani Hakim
Editor: Fidyastria Saspida
Genre: Historical Romance
Ketika terjadi masalah di Haven, Arizona, Sam O’Ballivan sang Ranger bertekad untuk menyelesaikannya. Dengan menyembunyikan pistol dan lencananya, dia datang sebagai guru baru di sekolah, dan mendapat tugas pertamanya: Mengatur anak-anak para peternak. Jadi dia pun memulainya dengan memanggil Maddie Chancelor si petugas pos lokal dan adik laki-lakinya demi menegakkan disiplin.

Tapi jauh dari anggapan perawan tua yang Sam pikirkan, Maddie adalah seorang wanita anggun yang sikap teliti dan sopannya disamarkan oleh amarah di matanya. Menyamar untuk menangkap para pencuri dan perampok kereta api selalu membuat hati Sam terisolasi dan terkunci—sampai saat ini. Tapi sesuatu tentang si wanita petugas pos yang berani itu menggodanya untuk memulai jalan yang dulu dia bersumpah tidak akan dilaluinya…

Buy book at : Gramedia


How they met...
Sam O'Ballivan diminta oleh sang mayor untuk mengungkap kejahatan di kota Haven dan ke sanalah pria itu pergi. Sam menyamar sebagai guru sekolah dan di hari pertama, dia sudah bertemu dengan pembuat onar, Terran Chancelor.

Kejadian bullying yang dilakukan oleh Terran inilah yang menyebabkan Sam bertemu dengan Maddie Chancelor.

and the problems begin...
Sam tidak menyangka bahwa Maddie adalah wanita yang masih muda dan memiliki semangat di balik perilakunya yang anggun. Sejak pertemuan pertama keduanya saling tertarik. Namun, Sam memiliki janji kepada sang mayor yang membuatnya mengurungkan pendekatannya pada Maddie.

Pencarian sang perampok emas di kota Haven membuat Sam harus bersosialisasi dengan warga di sana. Mencari tahu keterkaitan antara penduduk kota Haven dengan sang perampok. Benarkah sang perampok ada di kota kecil tersebut?

Selain mencari perampok, Sam juga harus menjalankan profesinya sebagai guru yang artinya dia harus memerhatikan murid-muridnya yang sepertinya selalu membuatnya terlibat masalah.

About The Man from Stone Creek
The Man from Stone Creek adalah buku Linda Lael Miller pertama yang aku baca. Kalau aku baca-baca komentar orang luar, LLM ini adalah salah satu penulis western romance yang direkomendasikan. Makanya aku penasaran dengan karyanya. Novel lain yang sudah diterbitkan oleh Elex adalah McKettrick, rating-nya tinggi untuk seri ini. Terjemahannya juga oke walaupun aku masih bertanya-tanya bahasa Inggris 'Demi daratan!' itu apa. Hahahahahha...

Alur novel ini menurutku lambat tapi dijelaskan dengan cukup detail. Kalau kamu mengharapkan cerita yang menggebu-gebu antara kedua karakter utama, kamu akan kecewa berat. Sam ini gentleman sejati. Dia tidak menggoda maupun memberikan 'sinyal-sinyal' kepada Maddie. Aku sampai bingung kok bisa-bisanya pria ini tahan untuk tidak mencium Maddie.

Penggambaran karakter Sam yang sempurna, penyayang, peduli terhadap orang lain, dan memerhatikan hewan-hewan yang terlantar, menurutku ada yang kurang. Penyebab Sam menjadi pria seperti itu tentunya ada alasannya. Gak mungkin tiba-tiba menjadi super baik. Mungkin orang tuanya pernah ditelantarkan atau dia sendiri pernah ditelantarkan dan mengalami nasib yang buruk. Nah ini yang menurutku kurang dijelaskan oleh LLM.

Karakter Maddie sendiri menurutku sama seperti karakter-karakter western romance lainnya yang tough, berjuang sendiri untuk kehidupannya dan keluarganya, peduli terhadap sang karakter utama, dan sebagainya. Karakter ini kurang sering muncul sih, lebih banyak cerita penangkapan perampok emas dibandingkan chemistry kedua karakter utama >,<

Yang aku suka di buku ini adalah twist yang diberikan oleh LLM sepanjang cerita. Beberapa adegan membuatku berkata "Serius nih?". Karakter-karakter pendukungnya banyak yang membuatku merasa tersentuh. Serta alur yang mudah untuk diikuti membuat buku tebal ini cukup cepat diselesaikan olehku. Petualangan-petualangan Sam untuk mencari perampoknya juga cukup seru :)

en masse...
Kalau kamu mencari novel romance yang cukup 'bersih' dari adegan ranjang, novel ini adalah salah satu yang aku rekomendasikan. Karakter-karakternya cukup mudah disukai. Alurnya yang slow tapi mudah diikuti membuat buku ini page-turning.

And the verdict, the book is...




No comments:

Post a Comment